Japan faces tough choices in islands spat

Dalam artikel yang berjudul “Japan face tough choice on island spat” saya melihat bagaimana upaya pemerintah Jepang dalam mengatasi konflik terkait perebutan klaim atas kepulauan senkaku. Dimana dalam eskalasi konflik yang semakin memanas ini telah terjadi banyak protes yang dilakukan oleh warga Cina yang menunjukan sentiment negative terhadap pemerintahan Cina salah satunya dengan melakukan boikot terhadap produk buatan Jepang.

Dalam artikel ini juga disebutkan bahwa adanya kekhawatiran manakala aksi protes ini menjadi semakin agresif, dimana adanya kabar bahwa aktivis Cina akan berkunjung ke pulau yang disengketakan dengan kawalan dari pemerintah Cina itu sendiri. Dan ini merupakan suatu hal yang bisa menimbulkan insiden diplomatic di kedua belah pihak.

Isu ini juga memiliki muatan politis yang besar di jepang itu sendiri, dimana banyak pihak yang berharap jepang bersikap tegas dan segera memperkuat pertahananya di wilayah pulau senkaku. Ditambah lagi dengan kunjungan dua tokoh nasional jepang ke pulau tersebut turut meningkatkan tensi antara kedua negara. Dalam hal ini perlu dilihat bagaimana jepang menjalankan kebijakan politik pasca perang dunia ke dua dimana jepang berusaha menghindari friksi dengan negara tetangga. Selain itu jepang yang selama beberapa decade ini menjadi negara yang pasifis saat ini terkesan mulai mengalami pergeseran menjadi lebih agresif.

Dari artikel ini saya memiliki kesimpulan bahwa meskipun jepang merupakan negara yang lebih mengutamakan kooperasi tetapi tensi yang ada dan pertaruhan terkait wilayah membuat jepang menjadi agresif karena beberapa sebab, salah satunya ialah tekanan politik didalam negeri jepang itu sendiri, dimana kasus ini menjadi sebuah isu politik yang dimainkan oleh berbagai pihak guna menguatkan citra bahwa Jepang masih merupakan negara yang besar.

source: http://newsonjapan.com/html/newsdesk/article/98407.php

Joni Eko pramono

09/282082/SP/23379

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s