Noda re-elected as the new DPJ leader

Yoshihiko Noda, Perdana Menteri Jepang yang terpilih pada tanggal 21 September lalu, menang melawan tiga rivalnya dalam pemilu ketua partai. Kemenangan ini berarti Noda akan menjadi Perdana Menteri untuk waktu yang cukup lama meskipun menurut data statistik, popularitasnya semakin menurun di mata masyarakat. Noda mengeluarkan pernyataan bahwa ia berharap dapat memerintah lagi untuk meneruskan tugas-tugasnya yang harus diselesaikan, termasuk recovery Jepang pasca tsunami dan krisis nuklir.

Meskipun statistik menyatakan DPJ akan kalah dalam pemilu partai politik jika melaksanakan pemilihan ketua partai saat ini, Noda tetap merasa perlu untuk melaksanakan pemilihan tersebut. Menurut statistik, pemilih kecewa akan ketidakmampuan DPJ mengubah politik Jepang kearah yang lebih baik dan dinaikannya pajak penjualan sebesar 10% (dua kali lipat). Noda berpendapat bahwa langkah ini diambil untuk menutupi pengeluaran jaminan sosial karena perkembangan populasi Jepang yang semakin bertambah.

Selain itu, dalam pidatonya, Noda juga mengeluarkan pernyataan bahwa Jepang akan menjadi negara tanpa nuklir, meskipun ada beberapa kontroversi dalam kabinetnya, terutama oleh pebisnis Jepang yang pro-nuklir. Permasalahan teritori Jepang dan China juga menjadi perbincangan, dimana terletak pada pulau di timur China, namun dikontrol oleh Jepang tetapi diklaim oleh China dan Taiwan sebagai bagian dari teritori mereka.

Partai LDP (Liberal Democratic Party), yang merupakan partai konservatif dan pro-business, akan melakukan pemilu calon ketua partai pada tanggal 26 September mendatang. Siapapun yang terpilih akan menjadi perdana menteri selanjutnya apabila LDP menjadi partai unggul pada pemilu perdana menteri selanjutnya. Terdapat lima kandidat LDP untuk pemilu Rabu mendatang, termasuk Shinzo Abe (mantan PM), Shigeru Chiba (mantan menteri pertahanan), dan Nobuteru Ishihara (sekretaris jenderal LDP).

Menurut saya. dalam pelaksanaan tugasnya sebagai perdana menteri, Noda sangat fokus dan merupakan tipikal pemimpin yang tidak mudah terpengaruh dengan keadaan yang buruk maupun kondisi yang dapat mengancam posisinya; yang merupakan sikap yang dapat dikagumi. Ia juga mengeluarkan pernyataan yang sangat jelas dan straight-forward mengenai nuklir meskipun dalam kenyataannya tidak sedikit pihak yang tidak sependapat dengan keputusannya tersebut. Tidak dapat dipungkiri dinamika politik di Jepang saat ini sedang menarik untuk diikuti, terutama menjelang pemilihan ketua partai rival DPJ, yaitu LDP. Harapannya Noda dapat melakukan tindakan yang benar terkait masalah sengketa pulau dengan China dan Taiwan, serta mengenai nuklir.

Cindy Shabrina Putry

09/280632/SP/23223

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s