6 Kapal Cina Masuki Wilayah Laut Jepang Dekat Kepulauan Senkaku

Artikel ini membicarakan tentang munculnya 6 buah kapal China di wilayah sengketa kepulauan Senkaku. Kepulauan yang tidak berpenghuni ini saat ini menjadi rebutan hak kepemilikan antara Jepang dan China. Jepang mengumumkan berencana membeli 3 dari 5 pulau yang ada di kepulauan Senkaku .
Jumat, 14 september kemarin, 6 kapal state oceanic China berlayar di sekitar kepulauan Senkaku yang masih sedang diperselisihkan. Jepang mengecam keras tindakan China tersebut melalui Perdana Menteri Noda Yoshihiko dan akan mengambil sikap yang tegas untuk menjaga keamanan di wilayah sekitar kepulauan. China sendiri tetap beroperasi di sekitar wilayah tersebut dengan alasan melindungi kedaulatan.
Menurut saya, sengketa wilayah atas kepemilikan kepulauan Senkaku menciptakan kekhawatiran di kedua negara. Sejumlah perusahaan jepang seperti panasonic dan honda terpaksa menghentikan sementara proses produksinya untuk menjamin keselamatan pegawai dan asetnya. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi perkembangan perekonomian di Jepang. Selain itu, kemunculan kapal China di wilayah yang sedang bersengketa yaitu kepulauan Senkaku jelas akan meningkatkan ketegangan diantara kedua negara. Militer Jepang akan lebih meningkatkan pertahanannya disekitar wilayah sengketa dan ini juga akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Jepang.
Dedi Setiawan Tarigan
09/280449/SP/23201
Sumber : http://www.halojepang.com/politik-kebijakan/5478-senkaku

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s