Japan’s Leadership Deficit and Politics of Drift

Rentetan bencana yang melanda wilayah Jepang pada bulan Maret 2011 lalu yaitu gempa bumi berkekuatan 9 SR, tsunami yang menyapu di sekitar wilayah perairan Tohoku, dan bencana kerusakan rektor nuklir Fukshima-Dachii telah menimbulkan berbagai masalah sosial, politik, dan ekonomi di Jepang. Bencana yang terjadi di Tohoku menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Jepang untuk dapat mengatasinya secara tepat dan tepat, namun tampaknya tantangan tersebut tidak dapat terselesaikan dengan baik oleh pemerintah Jepang. Ribuan warga terpaksa mengungsi menyusul adanya ancaman dari bahaya radiasi akibat kerusakan nuklir Fukushima, sehingga seluruh reaktor nuklir pun terpaksa harus dinon-aktifkan. Hal inilah yang kemudian menimbulkan “lack of trust” dari masyarakat Jepang terhadap pemerintah mereka. Meskipun telah terjadi keadaan yang sedemikian rupa, pada kenyataannya Diet masih belum dapat menyetujui pembentukan sebuh badan independen untuk mengawasi reaktor nuklir, padahal apabila hal ini dilakukan maka diharapkan kepercayaan masyarakat Jepang pada pemerintah Jepang akan meningkat.

Dalam artikel ini dijelaskan bahwa kegagalan pemerintah Jepang dalam menangani bencana semakin menambah parah keadaan politik Jepang dimana sejak mundurnya Perdana Menteri Koizumi pada tahun 2005 lalu, tidak ada sosok pemimpin yang mampu memangku kursi jabatannya dalam waktu yang cukup lama. Shinzo Abe, Yasuo Fukuda, Taro Aso, dan Yukio Hatoyama masing-masing bertahan kurang dari satu tahun. Sedangkan Naoto Kan sedikit lebih lama menyandang jabatan Perdana Menteri selama limabelas bulan. Melihat keadaan itu Perdana Menteri Noda yang telah terpilih pada September 2011 lalu diramalkan akan sulit untuk bertahan dalam waktu yang lama.

Krisis kepemimpinan di Jepang sendiri sebenarnya terjadi bukan karena adanya perpecahan dalam tubuh Diet atau terjadinya pertikaian antar faksi, meskipun keberadaan mereka akan membuat posisi pemerintah menjadi lebih sulit. Reformasi institusi sekiranya tidak akan membawa banyak perubahan pada masalah kepemimpinan di Jepang ataupun menciptakan pemimpin Jepang yang lebih baik dari yang sekarang. Akar permasalahan dari krisis politik di tubuh pemerintahan Jepang sayangnya terbenam jauh lebih dalam dari itu—ketidakmampuan dari pemimpin untuk menentukan tujuan nasional dari Jepang serta kegagalan baik dari DPJ dan LDP untuk merekrut politisi yang cukup kompeten untuk menempati posisinya di pemerintahan Jepang.

Jepang memiliki ikatan sosial yang kuat namun lemah dalam sistem politik dan pemerintahananya. Berbagai masalah ada di sekeliling masyarakat Jepang, namun pemerintah cenderung tidak menyadarinya, keamanan negara mereka pun terjaga karena adanya aliansi dengan Amerika Serikat dalam hal keamanan. Masalah yang ada di pemerintahana Jepang menjadi tidak terlalu terlihat oleh masyarakat. Hal ini mungkin didasari adanya kepercayaan dari masyarakat Jepang bahwa jika mereka bisa menyelesaikan masalah mereka sendiri, untuk apa harus menunggu pemerintah Jepang untuk membantu mereka?. Di sisi lain, masyarakat menjadi kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah pusat yang direfleksikan dengan populernya politisi lokal dibanding dengan politisi pusat.

Menurut pendapat saya, hal yang mungkin bisa diupayakan Jepang agar kejadian serupa tidak terjadi lagi adalah dengan cara memulai pendidikan bagi calon-calon pemimpin Jepang. Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan bagi pemimpin Jepang di masa mendatang. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan kepercayaan masyarakat Jepang dan mengakhiri krisis kepemimpinan yang terjadi di Jepang. Karena untuk dapat menjalankan pemerintahan yang baik, maka diperlukan pemimpin yang kredibel, sesuai kulifikasi, serta bertanggung jawab akan negaranya.

source : http://www.tokyofoundation.org/en/articles/2012/leadership-deficit

Ayu Prihastini – 09/282999/SP/23637

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s