PERDANA MENTERI NODA MENGINSPEKSI REAKTOR NUKLIR FUKUSHIMA DAIICHI

Nama: Lutfan Ramadhan

NIM: 10/298822/SP/23994

                Perdana Menteri Yoshihiko Noda mengunjungi reaktor nuklir Fukushima Daiichi pada hari Minggu (07/10/12). Perdana Menteri Noda dalam kunjungannya tersebut untuk mensosialisasikan cara penanggulangan dan penyelesaian masalah mengenai dampak dari bencana nuklir yang terjadi pada 11 Maret 2011.

                Jepang melihat pemenuhan energi menjadi salah satu top priority agenda bagi pemerintahan Jepang. Hal ini mengingat Jepang merupakan negara yang memiliki kekuatan ekonomi kelas dunia dalam bidang industri yang sangat bergantung pada kondisi dan ketersediaan energi di negara tersebut. Situasi energi di Jepang sangat terbatas dengan keadaan geografi mereka. Jepang memiliki keterbatasan dalam sumber daya energi mereka, mayoritas energi Jepang didatangkan dari luar (import). Pasca oil shock periode 1970-an yang membuat harga minyak dunia naik berkali lipat, Jepang menyadari posisi mereka sangat riskan apabila terlalu bergantung pada impor minyak. Oleh karena itu mereka mencoba untuk mengembangkan teknologi nuklir sebagai pemenuhan mereka akan energi.

Namun dikarenakan adanya bencana nuklir yang terjadi pada 11 Maret 2011 di Fukushima Daiichi (kecelakaan reaktor nuklir terburuk setelah Chernobyl) Pemerintahan Jepang mengalami tekanan luar biasa dari masyarakatnya untuk menghentikan segala jenis kegiatan mereka mengenai pengayaan maupun pemanfaatan energi nuklir. Masyarakat Jepang merasakan kekhawatiran yang luar biasa terhadap permasalahan ini sehingga persoalan nuklir menjadi isu yang sensitif di Jepang. Pemerintah Jepang mengalami posisi yang dilematis, mereka ingin menutup reaktor nuklir sebagai upaya untuk bersimpati terhadap masyarakat akibat bencana tersebut (apabila terus melanjuti program tersebut, pemerintah menyadari akan berdampak buruk terhadap image mereka di mata masyarakat, karena dianggap tidak peka) dilain sisi para pemain industri menekan agar pemerintah menjamin ketersediaan energi mereka pasca bencana tersebut.

Saya pribadi melihat pemerintah Jepang dalam kasus ini bersikap untuk lebih realistis, mereka tidak akan memberhentikan semua reaktor nuklir merka karena alasan energy security. Oleh karena itu Perdana Menteri Yoshihiko Noda melakukan sebuah rangkaian diskusi atau demonstrasi mengenai resolusi pemugaran kembali semua reaktor nuklir agar lebih aman untuk digunakan. Sehingga terlihat prioritas utama dalam penanganan masalah ini, pemerintah masih memerlukan pemberdayaan sumber daya energi nuklir sebagai salah satu sumber pemenuhan energi mereka.

Source:

http://www.japantoday.com/category/politics/view/noda-inspects-stricken-fukushima-daiichi-nuclear-plant

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s