Shinzo Abe dipilih sebagai ketua LDP dan sebagai Perdana Menteri baru menteri

Akbar Dica Putra  10/299910/SP/24242/W   Politik pemerintahan Jepang

 

Shinzo Abe dipilih sebagai ketua LDP

Partai oposisi utama Jepang Liberal Demokrat memilih mantan Perdana Menteri Shinzo Abe sebagai ketua partai menjelang pemilihan umum yang diperkirakan akan segera digelar.Shinzo Abe dikenal sebagai sosok nasionalis dan bersikap tegas dalam menangani sengketa wilayah dengan Cina di Laut Cina Timur. Sikap dan pemikirannya mengenai kepulauan yang diklaim oleh Cina dan Taiwan itu terdengar jelas selama kampanye menjelang pemilihan ketua partai.Dalam pidato menyusul kemenangannya hari Rabu (26/09), Shinzo Abe juga berjanji untuk menghidupkan kembali perekonomian Jepang yang sudah lama lesu.

Selain itu mantan perdana menteri yang menjabat selama satu tahun sebelum mengundurkan diri secara mendadak pada 2007 itu juga berjanji menghidupkan kembali kebanggaan nasional.”Wilayah darat dan laut kita terancam, dan perekonomian memburuk setelah mengalami deflasi selama bertahun-tahun,” kata Shinzo Abe seperti dikutip kantor berita AP.

Pemilu belum diumumkan

“Kita harus keluar dari situasi sulit ini dan membuat kuat Jepang, dan itulah misi saya,” tambahnya dalam jumpa pers di Tokyo.Dalam pemilihan ketua partai oposisi utama, LDP, Shinzo Abe mengalahkan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishib.Para pengamat mengakatan Abe, 58, kemungkinan akan menjadi perdana menteri bila LDP bisa meraih kemenangan mayoritas dalam pemilihan umum mendatang. Sejauh ini Perdana Menteri Yoshihiko Noda telah menyatakan akan mengadakan pemilihan umum dalam waktu dekat, tetapi belum mengumumkan tanggalnya.Pemilihan di Jepang harus diadakan sebelum pertengahan tahun depan.

Sumber : bbc.co.uk ; 26 September 2012 17:15 WIB

 

2. Shinzo Abe Terpilih Sebagai PM Jepang

Ketua baru Partai Liberal Demokrat Jepang, Shinzo Abe terpilih sebagai perdana menteri Jepang dalam pemilihan penunjukan perdana menteri oleh parlemen sementara yang berlangsung sore tadi.Dalam pemilihan itu, Shinzo Abe terpilih sebagai perdana menteri Jepang yang ke-90 dengan memperoleh lebih dari separoh jumlah suara, dan menjadi perdana menteri pertama yang paling muda dan yang pertama dilahirkan setelah Perang Dunia II.Sore tadi, Perdana Menteri Abe telah menetapkan daftar nama kabinet baru. Kabinet baru Shinzo Abe mulai bekerja secara resmi setelah upacara pelantikan perdana menteri dan peresmian anggota-anggota kabinet hari ini.

Sumber: http://indonesian.cri.cn/1/2006/09/26/1@50751.htm access date : October,11 2012

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s