Persaingan LDP dan DPJ

Rr. Firly Pandansari (11/311592/SP/24405)

Dalam dunia perpolitikan Jepang, partai politik sudah menerapkan sistem multipartai, dengan kata lain Jepang telah menerapkan proses Demokrasi. Tetapi pada prakteknya, terdapat partai politik yang mendominasi dalam dunia perpolitikan Jepang, yakni LDP (Partai Demokrat Liberal) dan DPJ (Partai Demokrat Jepang). Kedua partai ini memiliki sejarah yang masing-masing memiliki masa kejayaan tersendiri. Hingga tahun 1980-an, dominasi LDP ditingkat perpolitikan Jepang sangat mendominasi. Namun, sejak tahun 2009, LDP tidak lagi mendominasi dan DPJ yang menggantikan LDP sebagai partai terbesar di Jepang. Hingga saat ini pun, kedua partai politik ini terlihat bersaing satu sama lain dalam menunjukkan eksistensinya di dunia perpolitikan Jepang.

Hal tersebut ditunjukkan pada artikel berikut. Artikel berikut memaparkan bahwa telah terjadi lobbying antar partai politik. Hal tersebut dilakukan tentunya untuk mencapai tujuan dan kepentingan dari partai politik yang bersangkutan. LDP dan Komeito (salah satu partai politik yang berbasis agama dana eksistensinya mulai diperhitungkan) mendesak Perdana Menteri Yoshihiko Noda untuk merombak Diet hingga akhir tahun ini. Hal tersebut membuat DPJ menjadi khawatir , karena apabila hal tersebut terjadi maka DPJ akan kehilangan mayoritas di majelis rendah dan akan terpojok dalam pemilu selanjutnya. Oleh karena itu, DPJ melakukan lobbying kepada LDP dan Komeito untuk menyepakati agar perombakan Diet tidak terjadi. Namun, di sisi lain LDP dan Komeito juga memiliki keinginan untuk melengserkan DPJ sendiri.

Persaingan antar LDP dan DPJ, samgat menarik untuk dikaji. Pasalnya, LDP hingga tahun 1980an sudah mulai mendominasi kancah perpolitikan di Jepang. Namun, LDP tidak lama memegang tambuk kejayaan tersebut. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena LDP mulai menunjukkan penurunan. Di samping itu pula, muncul DPJ sebagai pihak oposisi dari LDP. Hal tersebut menyedot perhatian rakyat Jepang dan bahkan hal tersebut mengancam posisi LDP. Dengan adanya dukungan masyarakat tersebut, DPJ terpacu untuk meningkatkan eksistensinya di dunia perpolitikan Jepang hingga menjadi partai politik yang paling unggul di Jepang.

Namun, berdasarkan artikel tersebut terlihat bahwa posisi DPJ menjadi terbalik. LDP kini yang mungkin mulai stabil dalam menjalankan aktivitas politiknya mulai untuk bangkit kembali dan merebut tambuk dominasi dalam aktivitas perpolitikan di Jepang. Bahkan, Komeito pun secara tidak langsung mendukung kepentingan dari LDP yaitu untuk menggeser kedudukan DPJ.

Melihat dari fenomena tersebut, kiranya LDP akan menghadapi kesulitan. Hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Jepang terhadap kinerja partai politik tersebut. LDP sebelumnya seolah telah membuat kecewa masyarakat Jepang atas kemerosotannya tersebut. Bersamaan itu pula, DPJ juga telah memberikan harapan baru bagi masyarakat Jepang pada saat itu. Oleh karena itu, LDP membutuhkan suatu citra yang baik agar dapat menyedot perhatian dari masyarakat Jepang. Hal tesebut sepertinya dapat diwujudkan oleh LDP yaitu dengan memberikan ide-ide mengenai program yang dapat mensejahterakan masyarakat Jepang. Karena dengan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat Jepang terhadap tubuh partai politik tersbut maka akan memudahkan partai politik tersebut untuk terjun dalam kancah perpolitikan di Jepang bahkan hingga tingkat Diet.

 

 

 

Sumber : DPJ set to reconvene Diet; foes firm on quest for election

             http://www.japantimes.co.jp/text/nn20121016a5.html, diakses 16 Oktober 2012

   Paper kelompok 2 – Bab 2 The Political Parties, kelas POLPEM JEPANG 16 Oktober

   2012 HI FISIPOL UGM

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s