Gemba says Japan seeking peaceful end to island dispute

Setelah mengetahui bahwa Beijing mengadakan latihan angkatan laut dan udara di area Senkakus, Jumat kemarin Perdana menteri Jepang mengatakan bahwa negaranya akan berusaha menyelesaikan persengketaan wilayah dengan China.Sewaktu kunjungannya ke ibukota Jerman kemarin, Koichiro Gemba mengatakan bahwa Jepang ingin menghindari peningkatan persengketaan dan meminta diskusi lebih lanjut dengan China. Jepang mengambil solusi damai berdasar dari hukum internasional, dan mengambil langkah pertama untuk berdiskusi dengan Cina.

Pada hari yang sama, China mengirimkan kapal angkatan laut, pesawat dan helikopter ke Timur Laut Cina, hal ini dianggap tindakan yang paling konfrontatif seiring mendinginnya hubungan antara Beijing dan Tokyo.Laut adalah rumah bagi pulau kecil yang dikenal sebagai Diaoyus di China dan Senkakus di Jepang, dikelola oleh Tokyo namun diklaim oleh Beijing.Ketegangan dalam sengketa panjang ini telah meningkat sejak langkah pemerintah Jepang bulan lalu untuk secara resmi menasionalisasikan pulau tersebut.

            Itikad baik Jepang patutnya diapresiasi. Keputusan untuk mengambil solusi damai merupakan langkah yang tepat dalam menyelesaikan persengketaan ini. Dibandingkan dengan Cina dan Beijing, Jepang merupakan negara yang paling rasional. Ada kemungkinan, langkah damai ini diambil untuk menghindari perang. Kita tahu sendiri bahwa Jepang tidak memiliki militer yang kuat, dibandingkan dengan Cina dan Beijing. Jepang cenderung menghindari perang dalam setiap persengketaan. Atas pertimbangan tersebut, Jepang akhirnya memilih untuk menyelesaikan persengketaan ini secara damai.

 

Hasna Fadila Kumalasari | 11/311569/SP/24401

sumber : http://www.japantoday.com/category/politics/view/gemba-says-japan-seeking-peaceful-end-to-island-dispute

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s