Dampak Positif Kebijakan Kizuna Jepang

Jepang dengan semua kelebihan yang dimilikinya seperti dari segi ekonomi, teknologi, dan lain-lain bahkan budaya, sangat mudahkan untuknya dalam melakukan berbagai jenis kerjasama internasional di berbagai Negara dan itulah yang hingga kini Jepang manfaatkan, di antaranya dengan menggunakan salah satu kebijakan Jepang yang hingga saat ini memiliki dampak besar bagi pembangunan di Jepang maupun dunia Internasional, yaitu kebijakan Kizuna. Kebijakan ini merupakan langkah yang diambil Jepang untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Negara-negara mitranya dalam kerjasama internasional. Kebijakan Kizuna merupakan kebijakan dimana di dalamnya menekankan kepada kontribusi apa yang dapat diberikan Jepang untuk dunia dengan segala hal yang dimilikinya seperti teknologi dan kebudayaan Jepang yang unik melalui berbagai bentuk kerjasama.
Dengan memberlakukan kebijakan ini dalam kerjasama internasionalnya, Jepang telah menerima respon yang baik dari dunia internasional, kerjasamanya berjalan dengan baik dan selain itu efek positif lainnya ialah kemungkinan terjadinya konflik yang melibatkan Jepang sendiri dapat berkurang, ditambah lagi bila kita lihat lebih dalam, Jepang sendiri tidak memiliki kekuatan militer sendiri sehingga apabila masalah keamanan ini dapat diminimalisir akan sangat membantu dalam proses pembangunannya nanti.
Contoh kerjasama yang dilakukan Jepang dimana kebijakan kizuna diterapkan di dalamnya yaitu dalam kerjasamanya dengan ASEAN. Dalam kerjasamanya ini, Jepang mengundang pemuda-pemuda ASEAN untuk datang ke negaranya dan mengenal lebih jauh mengenai Jepang termasuk kehidupan masyarakat Jepang. Duta Besar Jepang untuk ASEAN, Takio Yamada mengatakan pemuda-pemuda ASEAN akan berada di Jepang sekitar 1,5 tahun untuk mempelajari semua hal tentang Jepang. Salah satu tujuan jepang melakukan hal tersebut adalah dengan memperkenalkan bagaimana kelebihan jepang itu sendiri kepada pemuda-pemuda ASEAN, secara tidak langsung kerjasama yang nanti akan dijalin antara Jepang dan Negara-negara anggota ASEAN akan lebih mudah untuk terjadi karena hubungan antara jepang dan Negara-negara anggotapun akan terjalin lebih dalam. Kami juga menyiapkan sejumlah program pelatihan kepada para pemuda ASEAN selama di Jepang,” ujarnya, Rabu (7/12/) di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Program itu bagian dari Proyek Kizuna. Proyek itu awalnya bagian dari program amal untuk rekonstruksi Jepang setelah gempa pada Maret 2011. Para pemuda ASEAN yang diundang tahun depan akan terlibat dalam proyek tersebut. “Lewat program ini, kami berharap hubungan masyarakat ASEAN dengan Jepang lebih erat. ASEAN adalah mitra penting bagi Jepang,” ujarnya.
Dampak positif yang nyata dengan adanya kebijakan Kizuna ini terbukti pasca Jepang mengalamai bencana Tsunami. Dengan kebijakan kizuna yang telah diterapkan diberbagai kerjasamanya, Jepang langsung mendapatkan berbagai jenis bantuan dari Negara-negara lain termasuk mitra kerjasamanya selama ini. Jepang juga mengaku bahwa ini merupakan hasil positif dari jeripayahnya dalam menerapkan kebijakan kizuna selama ini. Bantuan internasional itu adalah karunia dari ‘Kizuna’ atau ikatan persahabatan yang jalankan oleh pemerintah Jepang,” demikian dikatakan pemerintah Jepang dalam pernyataan yang diterima Analisa, Minggu (26/2). Tokio menegaskan pihaknya akan terus melaksanakan kebijakan-kebijakan kerjasama internasional seperti itu.
Salah satu kebijakan Jepang ini memiliki peran penting dalam hubungan internasional Jepang terutama dalam kerjasamanya selama ini. Jepang telah banyak mendapatkan efek positif dari kebijakan kizunanya, termasuk mendapatkan kepercayaan dan perhatian dari Negara-negara lain. Dari hal tersebut, tidak heran mengapa Jepang semakin mudah meningkatkan perannya di mata internasional karena jelas peran Jepang sendiri semakin dibutuhkan sebagai salah satu mitra yang menguntungkan dalam kerjasama antar Negara di dunia.

SUMBER:
http://www.108csr.com/home/news.php?id=4298
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/02/27/37529/rekonstruksi_gempa_dan_tsunami_jepang_terima_kasih_atas_bantuan_internasional/#.T6ypx-gjHN4

Yaksa Sembodo (11/311717/SP/24422)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s