Dua Partai Minor Jepang Bergabung Menuju Pemilu di Bulan Desember

Sunrise Party (Taiyo no To) yang dipimpin oleh Mantan Gubernur Tokyo, Shintaro Ishihara mengumumkan penggabungan dengan Partai Restorasi Jepang (Nippon Ishin no Kai) yang dipimpin oleh Toru Hashimoto yang merupakan Gubernur Osaka. Sunrise Party yang merupakan partai baru yang terbentuk dari gabungan dengan Sunrise Party of Japan (Tachiagare Nippon) serta menempatkan pemimpin Sunrise Party of Japan sebagai wakil pemimpin partai baru tersebut disamping Ishihara. Kedua partai ini menawarkan pilihan baru disamping polemik diantara partai Jepang yang sedang berkuasa saat ini, DPJ dengan LDP sebagai oposisi. Ide yang mereka usung antara lain, pelarangan terhadap penggunaan energi nuklir yang sedang menjadi topik hangat di negara ini dan pembahasan kembali mengenai partisippasi Jepang dalam Trans – Pacific free trade agreement, dimana para anggota konservatif Sunrise Party menolak partisipasi Jepang dalam perjanjian perdagangan bebas ini.

Setelah penggabungan, Hashimoto setuju bahwa Ishihara yang kemudian memimpin partai dalam pemilu untuk majelis rendah Desember nanti, sementara Hashimoto tidak akan mengikuti pemilu dan bertindak sebagai pemimpin aktif internal partai. Partai Restorasi Jepang sendiri telah menyiapkan 46 kandidat yang akan maju ke pemilihan umum. Tambahan lagi, terdapat wacana mengenai penggabungan lanjutan dengan Nippon Genzei atau partai pemotongan pajak Jepang. Sementara itu, Partai Restorasi Jepang sebelumnya telah bekerja sama dalam kampanye bersama dengan Your Party.

Koalisi partai – partai minor ini dapat menjadi kekuatan politik baru diluar pertarungan sengit diantara LDP dan DPJ. DPJ yang kalah dari LDP dalam jumlah survei voting yang diadakan Asahi baru – baru ini. Sementara LDP yang dipercaya akan menggantikan DPJ mengalami penurunan jumlah voting dari 19 % menjadi 16 %. Diantara polemik mengenai pembangunan Jepang pasca Tsunami dan tragedi Fukushima, inflasi dan kemerosotan ekonomi Jepang, serta sengketa kepulauan Senkaku dengan Cina masih hangat sebagai isu perdebatan antara DPJ dan LDP dalam rangka menarik dukungan. Jika Sunrise Party dapat bergabung dengan Nippon Genzei yang mengusung penurunan pajak, mungkin dapat menarik dukungan rakyat pasca kritik terhadap Perdana Menteri Yoshihiko Noda yang baru saja membubarkan parlemen mengenai pajak konsumsi yang tinggi. Semoga koalisi partai – partai minor ini dapat memberikan solusi baru yang dapat menarik Jepang keluar dari masalah – masalah yang telah disebutkan diatas.

 

Sumber :

___, ‘Parties of Ishihara, Hashimoto announce merger’, The Asahi Shimbun, 17 Novemberr 2012, < http://ajw.asahi.com/article/behind_news/politics/AJ201211170060 >, diakses pada 18 November 2012.

Narioka, K., ‘Two Minor Parties Merge Ahead of Japan Election,  The Wall Street Journal, 17 November 2012, < http://online.wsj.com/article/SB10001424127887323551004578124823210576936.html > diakses pada 18 November 2012.

 

Annisa Vanda Viyanti 

11/312326/SP/24530

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s