Pemerintah Jepang Rancang Paket Stimulus.

Pemerintah Jepang berencana untuk menyetujui paket ekonomi senilai lebih dari 400 miliar yen ($ 5,06 milyar)[1]. Karena berusaha untuk memenuhi pemulihan ekonomi dengan cepat yang saat ini sedang melemah, Paket stimulus yang ekstra pertama dalam tahunan fiskal saat ini di Jepang berakhir Maret dan akan memasuki hari dimana dana dalam anggaran pemerintah pusat dan tidak memerlukan penerbitan utang publik. Namun, langkah itu bisa memberikan tekanan tambahan pada Bank of Japan untuk bertindak dalam memperkecil tingkat penurunan ekonomi ekspor. Pemerintah juga diharapkan untuk mengumpulkan paket, stimulus yang terpisah lebih besar kemungkinan bulan depan. Termasuk dalam paket terbaru akan langkah-langkah untuk membangun kembali wilayah yang terkena gempa bumi dan tsunami Maret 2011, memperkuat keamanan publik, dan merevitalisasi perekonomian Jepang melalui langkah-langkah seperti dukungan pendanaan untuk penelitian medis, menambahan anggaran pejabat pemerintah.

Ketika parlemen Jepang sedang berlangsung, pemerintah perlu merancang dan meluluskan anggaran tambahan melalui Diet ini, jika ingin menerapkan paket stimulus atau bahkan menggunakan cadangan hanya dalam anggaran yang sudah disahkan. Tapi karena parlemen sekarang dalam masa reses, di bawah hukum Jepang yang berarti pemerintah dapat memasuki cadangan tanpa parlemen. Langkah ini datang pada waktu yang aneh bagi pemerintah yang telah meningkatkan peringatan kepada partai-partai oposisi yang bisa kehabisan uang sekitar akhir November jika mereka terus menolak untuk menandatangani tagihan anggaran pembiayaan kunci. Beberapa pengamat telah mempertanyakan keabsahan pelaksanaan belanja tambahan bila pemerintah harus berusaha untuk menyimpan sebanyak mungkin untuk membatasi dampak dari kekurangan kas pada layanan publik secara berkala.

Pemerintah Jepang sendiri akan meluncurkan program kedua dari pake stimulus fiskal sebelum akhir bulan November mendatang,[2] langkah lanjutan diperlukan bahwa kabinet tidka dapat menggunakan dana cadangan dibawah anggaran untuk memperkenalkan paket stimulus kedua setelah DPR dibuburkan, meski begitu banyak kalangan skeptis dengan rancangan  Noda dan menyebutkan hanya memiliki sedikit pengaruh pada perkonomian. Paket ini sangat dibutuhkan mengingat kondisi ekonomi saat ini. Ekonomi Jepang saat ini berada dalam kondisi yang sangat memerlukan perhatian ekstra.


[1] UPDATE: Japan Government Plans Stimulus Package,berita October 24, 2012<http://online.wsj.com/article/BT-CO-20121024-722829.html> diakses pada 17November2012.

[2] Pemerintah Jepang Setujui Paket Stimulus Kedua. 15November2012. http://skalanews.com/baca/news/3/0/129175/internasional/pemerintah-jepang-setujui-paket-stimulus-kedua.html diakses pada 17November2012.

Muhamad Fazri R. (11/312296/SP/ 24526)

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s