Pengadilan Tinggi Jepang Bebaskan Ozawa dari Skandal Transaksi Tanah.

Pengadilan tinggi Jepang telah membebaskan seorang tokoh politik berpengaruh dari tuduhan, dengan mengatakan tidak ada bukti dia melakukan kejahatan dalam transaksi tanah tahun 2004.

Pria berusia 70 tahun itu tahun lalu dituduh melanggar undang-undang pendanaan politik. Pengadilan tinggi itu mendukung putusan pengadilan rendah yang menyatakan tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa para staff Ozawa bertindak di bawah perintahnya dan merekayasa laporan keuangan dalam transaksi tanah tersebut.

Sementara skandal tersebut telah merusak peluang Ozawa untuk menjadi perdana menteri, dia tetap mempunyai pengaruh politik. Pembebasan oleh Pengadilan Tinggi Tokyo hari Senin membuka jalan bagi Ichiro Ozawa untuk menggunakan pengaruhnya dalam pemilihan parlemen yang akan datang. Ozawa merupakan salah seorang figur penting dalam kancah politik Jepang, dengan pernah menguasai faksi terbesar Partai Demokrat Jepang. Namun, pada Oktober dia dan 48 orang pengikutnya memisahkan diri dari partai Demokrat dan mendirikan partai mereka sendiri setelah menentang rencana kenaikan pajak.

Sebelumnya, Ozawa dituduh lalai dalam melaporkan dana pinjaman sebesar 400 juta Yen kepada lembaga pengelola dana politiknya. Namun, Ozawa selanjutnya mengklaim bahwa ia tidak mengetahui adanya kesalahan teknis dalam hal tersebut.
sumber:

1.Japan high court clears Ichiro Ozawa of funding case – BBC News. 12 November 2012. http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-20293753

2.Jepang Bebaskan Seorang Tokoh Politik dari Tuduhan Skandal Finansial – VOA Indonesia. 15 November 2012. http://www.voaindonesia.com/content/jepang-bebaskan-seorang-tokoh-politik-dari-tuduhan-skandal-finansial/1543892.html

 

Ario Bimo Utomo (11/311541/SP/24398)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s