PM Noda berencana Bubarkan HoR dalam Waktu Dekat

Perdana Menteri Noda Berencana Membubarkan House of Representatives dalam Waktu Dekat

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda menunujukkan indikasi yang sangat kuat untuk membubarkan HoR pada akhir tahun 2012. Hal ini merupakan permintaan yang diajukan oposisi LDP, sebagai syarat jika pemerintahan Noda menginginkan agar RUU tagihan obligasi untuk diloloskan. Pemerintahan Noda akan diminta untuk menjelaskan tagihan obligasi-penerbitan penting untuk membiayai anggaran fiskal 2012. Untuk itu, Noda telah berjanji pada LDP dan Komeito untuk segera membubarkan HoR dan melaksanakan pemilu segera setelah RUU itu disepakati.
Seperti diketahui bahwa dalam sistem politik Jepang, eksekutif memiliki hak untuk membubarkan HoR. Biasanya hal ini dilakukan demi melancarkan penetapan sebuah RUU yang diajukan oleh pihak eksekutif. Sehingga, HoR yang sebenarnya memiliki masa jabatan selama 4 tahun, seringkali dibubarkan sebelum masa jabatan itu berakhir. HoR merupakan bagian dari badan legislatif Jepang yang bertindak sebagai lower house.
Dalam kasus ini, Noda berencana membubarkan HoR juga terkait dengan rencananya untuk bergabung dalam Konferensi TPP (Trans-Pacific Partnership). Presiden Barack Obama yang dijadwalkan menghadiri pertemuan KTT Asia Timur dari 18-20 November di Kamboja akan bertemu dengan Noda. Pembicaraan TPP akan menimbulkan konflik di dalam partai dan bisa mengakibatkan eksodus dari anggota partai. Jika lebih dari enam anggota parlemen DPJ memilih untuk hengkang, pemerintahan Noda akan menjadi pemerintah minoritas, yang berarti mosi tidak percaya. Sehingga untuk menyelamatkan pemerintahannya, Noda akan melakukan pembubaran HoR, karena dengan begitu rencananya untuk bergabung dalam TPP tidak akan mengalami hambatan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa PM Noda melakukan pembubaran HoR pada akhir tahun ini, akibat dua hal, yakni, ini merupakan syarat yang diajukan oleh oposisi LDP jika Noda ingin RUU tagihan obligasi diloloskan. Alasan lain adalah Noda juga ingin agar keinginannya agar Jepang turut serta dalam TPP dapat diterima dan disetujui oleh anggota Diet.
http://www.japantimes.co.jp/text/nn20121113a2.html

Anindita K H
11/311870/SP/24448

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s