Proposal by Keidanren: Concept of Residences and Towns Well Suited for Aging Society

~Gita Rosemareta (11/312062/SP/24483)

Struktur masyrakat Jepang dengan populasi penduduk lansia yang meningkat pesat dibanding penduduk usia produktif membuat pemerintah Jepang perlu memikirkan tempat tinggal yang cocok bagi mereka. Saat ini, unit perumahan dan fasilitas perawatan bagi lansia masihlah kurang di Jepang. Kuantitas dan kualitas tempat tinggal yang cocok bagi penduduk lansia perlu ditingkatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan standar hidup dan untuk memperpanjang harapan hidup.

Jepang merupakan negara dimana banyak penduduknya memilih untuk tidak memiliki anak, membuat Jepang mengalami kekurangan generasi muda yang produktif. Hal ini menjadikan kontribusi para senior lanjut usia bagi pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam negara masih sangat dibutuhkan di Jepang. Untuk mengimbanginya, para penduduk lansia tersebut perlu diberi fasilitas untuk tetap menjaga kualitas dan semangat kerja mereka. Oleh karena itu, federasi penguasaha Jepang yang tergabung dalam Nippon Keidanren berusaha membujuk pemerintah Jepang untuk terus meningkatkan unit perumahan dan fasilitas bagi penduduk lansia. Fasilitas-fasilitas tersebut bukan hanya fasilitas kesehatan, namun juga di bidang dstribusi, retail, transportasi dan keuangan. Selain itu, menurut mereka, Jepang perlu mengembangkan dan mengelola sistem yang stabil, dan pemerintah daerah perlu untuk mengatasi hambatan antara sektor publik dan swasta untuk mempromosikan aliansi antara berbagai kalangan dan organisasi.

Sebagai kelompok yang memiliki pengaruh pada pemerintahan Jepang, hal yang dilakukan oleh Keidanren ini menurut saya sudah tepat. Jepang memang terkenal dengan etos kerja masyarakatnya yang tinggi akan tetapi terlalu tingginya etos kerja tersebut tidak diimbangi dengan jumlah generasi muda yang memadai. Oleh karena itu Jepang memang perlu meningkatkan fasilitas bagi para penduduk lansia karena mereka sebagai unsur kekuatan pembangunan Jepang. Selain itu kestabilan negara Jepang juga akan sangat berpengaruh bagi ekonomi Jepang sehingga Keidanren perlu melakukan intervensi pada pemerintahan Jepang untuk mempertahankan posisi Keidanren di dalam negeri maupun di kancah global.

Sumber: http://www.keidanren.or.jp/english/policy/2012/031.html

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s