Perdana Menteri Jepang Akan Melakukan Perombakan Kabinet

Pada awal Oktober tahun 2012, perdana menteri Jepang, Yoshihiko Noda dijadwalkan melakukan perombakan kabinet. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendinginkan hubungan dengan China terkait adanya sengketa pulau. Adanya perombakan kabinet yang dilakukan oleh Yoshihiko Noda ini di mata para pengamat memiliki tujuan untuk meredam ketegangan diplomatik, selain itu perombakan ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya Noda dalam menaikkan kembali popularitasnya atau dengan kata lain menggali dukungan publik menjelang pemilihan umum yang akan diselenggarakan, dan menguatkan kembali pemerintahannya setelah terjadi pertarungan politik yang melelahkan untuk meloloskan UU Pajak.

            Ketika jumpa pers diadakan, Perdana Menteri Yoshihiko Noda mengumumkan daftar anggota kabinet baru, diantaranya menggantikan 10 posisi dan 8 anggota kabinet yang lama tetap memegang jabatannya. Dalam melakukan perombakan kabinet, langkah yang hendak diambil oleh Noda diperkirakan akan memasukkan orang-orang yang dapat diterima oleh pemerintah China, seperti Makiko Tanaka ke dalam kabinetnya yang baru. Alasan memasukkan Tanaka dalam kandidat yang ada adalah karena Tanaka merupakan putri mantam PM Kakuei Tanaka, yang mana beliau adalah seorang yang menormalisasi hubungan diplomatik dengan Beijing 40 tahun lalu, tentunya beliau memilii hubungan yang baik dengan China.

            Keadaan yang ada ini menunujukkan bahwa adanya ketegangan yang terjadi lagi  antara Jepang dan China terkait pulau-pulau di Laut China Selatan. Melihat keadaan yang ada, Noda mempertimbangkan akan mengangkat Tanaka sebagai menteri pendidikan, hal ini merupakan sinyal kepada Beijing bahwa Tokyo memiliki niat baik untuk memperbaiki hubungan.  Sementara di sisi lain Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan tetap berada di tempat masing-masing agar dapat melanjutkan tugasnya terkait upaya Jepang menghadapi China dan Korea Selatan dalam isu sengketa wilayah. Sebenarnya Noda dan kabinetnya baru akan menghadapi China yang marah setelah Jepang memebeli tiga pulau tanpa penghuni, yang mana di Jepang dikenal dengan nama Senkaku dan di China disebut dengan Diaoyus, yang artinya dari pemilik pribadi.Oleh karenanya perlu adanay kesiapan menanggapi hal yang hendak terjadi.

            Menengok terhadap perombakan kabinet yang dilakukan oleh Noda pada dasarnya menunjukkan adanya niat baik  untuk memperbaiki hubungan atau keadaaan yang sedang bersitegang. Menggantikan kedudukan orang-orang dalam kabinet dengan orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan China dapat dinilai sebagi usaha yang positif, karena dengan memperdalam kerjasama yang ada dalam pemerintahan dan adanya hubungan baik antara partai-partai yang berkuasa, hal ini dapat mengatasi semakin meningkatnya berbagai masalah yang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri. Di samping itu, politik adalah tentang bagaimana mempertahankan kekuasaaan. Oleh karena itu, permasalahan yang terjadi antara Jepang dan China ini harus segera diselesaikan, karena jika tidak maka akan timbul banyak masalah seperti halnya masalah ekonomi. Masalah tersebut tidak menutup kemungkinan juga akan berpengaruh terhadap pemilihan umum selanjutnya, sehingga dalam hal ini tindakan yang dilakukan Noda sudah merupakan hal yang tepat. Beliau dapat dinilai mengambil suatu keputusan yang baik, karena di satu sisi memiliki niatan tulus untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, akan tetapi di sisi lain juga dapat digunakan sebagai suatu media dalam melakukan pencitraan dan mencari dukungan. Hal terpenting di sini adalah ketika kepercayaan rakyat sudah meningkat, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga keprcayaan yang telah rakyat berikan untuk menjalankan tugas dengan baik terutama dalam mengayomi rakyat dan dapat mewakili kepentingan rakyat.

 

Sumber:

Reshuffle untuk Mendekati China- Sindo Weekly. 24 November 2012

http://www.sindoweekly-magz.com/artikel/31/I/4_-_10_oktober_2012/global/93/reshuffle_untuk_mendekati_cina

Jepang Melakukan Perombakan Kabinet – VOV World. 24 November 2012

http://vovworld.vn/id-ID/Berita/Jepang-melakukan-perombakan-kabinet/110389.vov

Perdana Menteri Jepang Akan Melakukan Perombakan Kabinet – Republika. 24 November 2012

http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/09/29/mb36hs-pm-jepang-akan-lakukan-perombakan-kabine

Perdana Menteri Jepang Akan Rombak Kabinet Hari ini – Radio Australia. 24 November 2012

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2012-10-01/pm-jepang-akan-rombak-kabinet-hari-ini/1022860

 

Nama   : Kisnamurti Dewi

Nim     : 11/312443/SP/24551

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s