JAPAN RESTORASI PARTY MUNCUL SEBAGAI PESAING DAN MEMPERJUANGKAN KEPENTINGAN NEGARA

Japan Restorasi Party atau Nippon Ishin no Kai atau Partai Restorasi Jepang ini merupakan partai baru yang diluncurkan pada 12 September 2012 dan mulai diakui pada 28 September 2012. Untuk menghadapi pemilihan umum tanggal 16 Desember nantinya Partai Restorasi Jepang yang dipimpin oleh Toru Hashimoto dan Shintaro Ishihara ini menggandeng Partai Sunrise sebagai pesaing dari dua kekuatan terbesar Jepang yaitu Liberal Democratic Party dan Democratic Party of Japan.

Dalam mempromosikan dirinya sebagai peserta dalam pemilu 16 Desember, Partai Restorasi Jepang menawarkan Isshin Hassaku (Delapan Kebijakan untuk Restorasi) yang mencakup usulan-usulan dalam pembangunan negara yang meliputi kebijakan tata kelola ekonomi, kesejahteraan sosial, pendidikan dan hubungan luar negeri. Partai Restorasi Jepang juga menyuarakan untuk tetap memperjuangkan kepentingan nasional dengan rencana meningkatkan anggaran pertahanan, memotong pajak perusahaan dan pendapat untuk meningkatkan perekonomian negara, mengurangi peran pemerintah pusat untuk meningkatkan kompetisi pasar dan meningkatkan pertahanan terkhusus pada bidang maritim.

Pernyataan ini kemudian disambut animo masyarakat. Hal ini cukup menarin, karena berbicara tentang peningkatan anggaran militer merupakan hal yang penting untuk Jepang, karena anggaran militer Jepang telah diatur dalam sebuah ketetapan tidak resmi dan telah diterapkan  puluhan tahun dimana pengalokasian anggaran militer Jepang hanya 1% dari GDP. Namun yang menjadi pertimbangan masyarakat adalah keteguhan Partai Restorasi Jepang dalam memproritaskan kepentingan nasional untuk kemajun dan kesejahteraan rakyat tersebut yang berhasil membuat Partai Restorasi Jepang berada di posisi kedua setelah Liberal Democratic Party. Dengan porsi 23% oleh LDP, 15% oleh JRP dan 13% untuk DPJ.

 

Source :

  1. W. Adam, “Japan Restoration Party Looks to Increase Country’s Defense Spending if Elected”, 29 November 2012. <http://japandailypress.com/japan-restoration-party-looks-to-increase-countrys-defense-spending-if-elected-2919086&usg=ALkJrhhmzmVW4kfH97l_fmd_a8xTD_YElA>, diakses pada 2 Desember 2012
  2. Anonim, “Japan’s New Restoration Party Seeks more Defense Spending”, 29 November 2012, <http://www.newsonjapan.com/html/newsdesk/article/99867.php&gt;, diakse pada 2 Desember 2012

 

SRIWIYATA ISMAIL ZAINUDDIN

11/312532/SP/24568

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s