LDP Menolak Undang-Undang tentang Homoseksual

            LDP (Liberal Democratic Party) Jepang menolak adanya rancangan undang-undang mengenai homoseksual yag terdiri dari gay dan juga lesbian, meskipun partai-partai lain dalam kabinet mendukung usulan tersebut sebagai bagian dari upaya untuk menghentikan diskriminasi dan juga perlakuan yang masih kurang menghargai terhadap homoseksual di Jepang.

            Menurut lembaga survey di Jepang, peraturan mengenai legalitas perkawinan antar homoseksual dan juga mengenai hak-hak mereka sangat diperlukan saat ini, mengingat berbagai tekanan dari berbagai pihak saat ini yang menyerukan adanya persamaan diantara warga negara, tidak terpaut gender, ras, maupun dalam hal ini yaitu orientasi seks seseorang. Hal itu disebabkan karena di Jepang saat ini pernikahan antar sesama jenis masih merupakan hal yang sangat tabu.

            Hal tersebut dikarenakan kuatnya kepercayaan konfusianisme yang telah berkar kuat di Jepang. Oleh karenanya, LDP beralasan bahwa “Measures are necessary for people with gender identity disorder but not for homosexuals.[1] yang artinya kurang lebih bahwa peninjaun (rancangan undang-undang) perlu dilakukan terhadap orang-orang yang memiliki kelainan seksualitas, tapi bukan kepada homoseksual.

            Namun, ketika kita melihat pada fakta, kehidupan sosial di Jepang saat ini sudah mengalmai perubahna yang cukup drastis dibanding satu dekade lalu. Hal tersebut bukan hanya berpengaruh pada gaya hidup saja, namun juga kepada masyarakatnya. Masyarakat Jepang saat ini menganggap seks bukan merupakan sesuatu yang dianggap tabu lagi. Sehingga kemudian masalah seksualitas di Jepang sudah menjadi masalah yang cukup kompleks.

Indriana 11/317861/SP/24747

Sumber :

  1. Anonim, “LDP: Gays don’t need special right”. The Japan Times (online) 7 Desember 2012, http://www.japantimes.co.jp/text/nn20121207a3.html diakses pada 8 Desember 2012
  2. Anonim, “Shadow Report Japan : Gays News”. International Gay and Lesbian Human Rights Commission (IGLHRC) (online) Desember 2008, http://www.globalrights.org/site/DocServer/Shadow_Report_Japan.pdf?docID=10043 diakses pada 8 Desember 2012

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s