LDP Diprediksi akan merebut 257-306 kursi di Parlemen

            Menjelang pemilihan umum parlemen 16 Desember mendatang di Jepang, partai-partai di Jepang mulai menyiapkan diri. Mengingat kegagalan DPJ dalam mengatasi deflasi dan mencegah terjadinya resesi di Jepang. Kebijakan ekonomi adalah salah satu yang dijadikan factor pemilih dalam menilai dan memutuskan partai pilihan mereka. Banyak survei yang telah dijalankan oleh beberapa lembaga di Jepang terkait dengan partai mana yang akan memenangkan pemilihan umum kali ini, kebanyakan menunjuk pada partai oposisi LDP. LDP diprediksi akan memenangkan 257 hingga 306 kursi di parlemen dalam pemilihan umum kali ini.

            Kembalinya dominasi LDP dalam pemerintahan Jepang seperti mengulang masa lalu. Jatuhnya DPJ juga seperti mengulang jatuhnya partai LDP dalam pemilihan umum yang lalu. Prediksi kemenangan LDP ini diperkirakan akibat kurang populernya kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Noda di mata masyakat Jepang. Salah satunya adalah kebijakan kenaikan pajak yang dirasa sangat merugikan bagi masyarakat Jepang. DPJ juga dinilai telah keluar dari janji-janji kampanye nya yang pada awalnya akan mengedepankan publik ketimbang bisnis.[1]

            Popularitas pemimpin DPJ yang juga perdana menteri Jepang, Noda, telah sangat menurun terkait dengan kebijakan yang dia buat demi mengembalikan ekonomi Jepang. Ekonomi merupakan salah satu penyebab menurunnya popularitas Noda. Menurunnya ekonomi dan ancama resesi merupakan masalah yang harus ditangani Noda sejak dia menjabat pada 2011 lalu. Namun menurunnya popularitas DPJ dan Noda juga tidak semata membuat LDP akan memenangkan pemilihan semudah itu. Sejak mengundurkan diri dengan alasan kesehatan 2007 lalu, popularitas Abe sebagai pemimpin LDP juga menurun. [2]

            Dengan tidak menentunya situasi politik dan kurangnya popularitas partai yang mendominasi, pemilihan umum 16 Desember mendatang juga diprediksi akan menguntungkan partai kecil yang mampu menyusun strategi agar mendapatkan pemilih. Salah satu partai yang berpotensi untuk banyak mendapat kursi di pemerintah Jepang adalah Japan Restoration Party yang dibentuk oleh Toru Hashimoto. Partai ini menjalin kerjasama dengan Sunrise Party yang dibengtuk oleh mantan Gubernur Tokyo, Shintaro Ishihara[3]. Partai ini diprediksi akan mendapat sekitar 50 kursi di parlemen. Namun, partai oposisi LDP tidak akan tinggal diam dalam menghadapi pemilihan umum kali ini. LDP berencana untuk menjadikan pemilu kali ini sebagai momen kembalinya dominasi LDP dalam pemerintahan Jepang setelah sempat terdepak tahun 2009 lalu. Abe menyebut pemilu kali ini sebagai sebuah pertempuran bersejarah dimana LDP harus mendapatkan kemenangannya[4].

 

Fitri Aryati

11/317773/SP/24666


[1] T. Kajimoto, ‘LDP Predicted to Win between 257 and 306 Seats in Election’, Japan Today (online), 7 Desember 2012,<http://www.japantoday.com/category/politics/view/ldp-predicted-to-win-between-257-and-306-seats-in-election>, diakses pada 9 Desember 2012.

[2] I. Reynolds and T. Hirokawa, ‘Japan Prepares for Election with Noda’s DPJ Poised for Loss’, Bloomberg news(online), 15 November 2012, <http://www.businessweek.com/news/2012-11-14/noda-to-dissolve-diet-nov-dot-16-paving-way-for-japan-election>, diakses pada 9 Desember 2012.

[3] The Economist, Pole dancers: Small parties with vague manifestos hope to entice fed-up Japanese voters (online), 24 November 2012, <http://www.economist.com/news/asia/21567116-small-parties-vague-manifestos-hope-entice-fed-up-japanese-voters-pole-dancers>, diakses pada 9 Desember 2012.

[4] J. McCurry, ‘Japanese PM Calls December Election’, the Guardian (online), 16 November 2012, <http://www.guardian.co.uk/world/2012/nov/16/japanese-pm-december-election>, diakses pada 9 Desember 2012.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s