Peran Amerika Serikat dalam Mempengaruhi Kebijakan Politik Jepang Terkait Kepulauan Senkaku

Carina Megarani

11/317869/SP/24755

Menanggapi hadirnya kapal Cina di perairan sekita Kepulauan Senkaku, Senat AS dengan tegas menyetujui sebuah amandemen yang menegaskan kembali komitmen AS untuk Jepang dalam sengketa wilayah dengan China atas Kepulauan Senkaku. Amerika Serikat menyatakan dukungan penuh terhadap sekutunya yaitu Jepang. Tindakan Amerika Serikat tercermin dalam RUU Otorisasi Pertahanan Nasional Tahun Anggaran 2013 yang masih diperdebatkan di Senat[1]. Amandemen tersebut menyatakan bahwa sementara Amerika Serikat “tidak mengambil posisi” yang diartikan bahwa Amerika Serikat”mengakui pemerintahan Jepang atas Kepulauan Senkaku.” Di dalam amandemen ini, tercatat bahwa Amerika Serikat bersedia untuk berupaya memaksa, mengancam untuk menggunakan kekuatan, atau menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalah teritorial.

Hal ini menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk Jepang di bawah Perjanjian Kerjasama dan Keamanan Bersama dan memperingatkan bahwa serangan bersenjata terhadap salah satu pihak “dalam wilayah yang dikuasai oleh pemerintah Jepang”akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada.

Mereview dari sisi politik domestik, menurut saya, fenomena yang terjadi di Jepang saat ini berkaitan erat dengan reformasi konstitusi Jepang yang tadinya berlandaskan Konstitusi Meiji diganti menjadi Konstitusi 1947[2]. Konstitusi 1947 yang diberlakukan sejak 3 Mei 1947 pada militer Jepang berdampak pada perubahan struktur dan orientasi pertahanan Jepang dimana militer Jepang hanya difungsikan sebagai alat untuk mempertahankan diri dan memelihara keamanan, sementara hal yang sifatnya militer di luar aspek tersebut diatur oleh Amerika Serikat. Kondisi politik yang distruktur oleh Amerika Serikat dengan sedemikian rupa menjadikan Jepang sebagai sekutu terdekat Amerika Serikat dimana kebijakan politiknya, khususnya militer, mendapat ‘backing’ penuh dari Amerika Serikat. Adalah rasional bagi Jepang untukk mendapatkan ‘backing’ penuh terkait keputusan Cina untuk meluncurkan ‘kapal-kapalnya’ ke perairan Kepulauan Senkaku, yang mana telah mengancam sekuritas dari Jepang itu sendiri.


[1] JAPAN TODAY, “U.S. Senate Oks Amandment Backing Japan in Senkaku Dispute”, http://www.japantoday.com/category/politics/view/u-s-senate-oks-amendment-backing-japan-in-senkaku-dispute, 8 Desember 2012

[2] Oi, Mariko. “Japan’s contradictory military might”, BBC News Asia, http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-17175834. Diakses pada tanggal 9 November 2012

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s