REVIEW BERITA “ NODA, ABE KICK OFF CAMPAIGN IN FUKUSHIMA”

Oktavolama Akbar Budi Santosa

11/317768/SP/24661

 

Selasa lalu, kampanye mulai dilakukan di Jepang dengan prefektur Fukushima sebagai salah satu tujuan utama dari partai-partai yang ada di Jepang. Jelas alasannya Fukushima dipilih karena prefektur tersebut tahun lalu merupakan daerah dengan dampak terparah akibat dari gempa dan tsunami. Meledaknya reaktor nuklir menyebabkan permasalahan lingkungan dan inilah yang dimanfaatkan partai-partai Jepang di kota tersebut. Democratic Party of Japan (DPJ) melalui ketua partai Yoshihiko Noda yang juga merupakan Perdana Menteri Jepang saat ini, melalui pidatonya di Iwaki, salah satu daerah di prefektur Fukushima mengatakan bahwa tidak ada kebangkitan Jepang tanpa adanya kebangkitan Fukushima. Lawan DPJ sekaligus mantan partai penguasa di Jepang, Liberal Demoratic Party (LDP),mengadakan kampanye di kota Fukushima, 50 kilometer dari distrik Fukushima, tempat meledaknya reaktor nuklir. Pemimpin LDP, Shinzo Abe mengatakan bahwa partainya dan New Komeito Party (aliansi LDP) bertujuan untuk melindungi dan menjamin keamanan masyarakat, serta lingkungannya.

            Dalam kaitannya menyelesaikan masalah reactor nuklir, DPJ berjanji akan menyelesaikan secara bertahap hingga tahun 2030 sedangkan LDP menyatakan nasib reaktor Fukushima akan ditentukan dalam tiga tahun. Selain DPJ dan LDP sendiri, kampanye di Jepang juga akan disemarakan oleh partai-partai lain seperti Japan Restoration Party dan Tommorow Party of Japan. Yang menarik,  Tommorow Party of Japan didukung oleh Ichiro Ozawa, yang sebelumnya merupakan tokoh penting di DPJ.

            Dari berita di atas diketahui bahwa ada isu lain selain ekonomi yang sedang ramai dibicarakan di Jepang. Isu lingkungan yang sebelumnya tak terlalu dilihat, menjadi hangat ketika bencana gempa dan tsunami, yang sebebnarnya biasa terjadi di Jepang, menyebabkan masalah lingkungan yang tak pernah terjadi sebelumnya. Meledaknya reaktor nuklir berdampak pada meningkatnya kembali penggunaan bahan bakar fosil. Belum lagi dampak mengerikan lain yang disebabkan oleh nuklir. Apa yang pernah terjadi di Chernobyl tentu saja memberikan bayangan ketakutan bagi masyarakat Jepang. Namun ketakutan inilah yang “dimanfaatkan” oleh partai politik Jepang. Partai ini menjanjikan pada masyarakat “keamanan” yang selama ini didambakan oleh masyarakat. Disini terlihat bahwa ketakutan masyarakat bisa jadi peluang tersendiri bagi sebuah partai, terutama ketika kampanye.

 

 

Sumber berita : http://www.japantoday.com/category/politics/view/noda-abe-kick-off-election-campaign-in-fukushima diakses pada 6 November 2012

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s