KANDIDAT PM JEPANG DIGUNCANG PESAINGNYA

GIETA NOVIA M.S           

11/317905/SP/24788

            Calon terkuat Perdana Menteri Jepang mendatang, Shinzo Abe dari Partai Demokratik Liberal (LDP), mulai diguncang lawan politiknya lewat pers. Majalah mingguan Shukan Post edisi 26 oktober 2012 yang terbit Rabu (17/10/2012), menampilkan berita dan foto pada tahun 2008 antara Abe dengan Icchu Nagamoto, seorang anggota sindikat kejahatan terbesar Jepang, Yamaguchi Gum. Yakuza adalah sebutan untuk sindikat organisasi kejahatan Jepang dan Yamaguchi Gum termasuk di antaranya. Abe sendiri menolak keras keterlibatannya dengan sindikat kejahatan tersebut yang berfoto bersama Mike Huckabee saat itu.   

            Abe sendiri mengatakan ia bertemu pria itu hanya sekali, ketika foto itu diambil, dan menekankan ia tidak melihat ataupun berhubungan dengan dia sejak saat itu. Foto itu diambil saat Abe dikunjungi oleh Mike Huckabee yang pada saat itu sedang menjabat sebagai Gubernur Arkansas. Abe menjelaskan bahwa ia mengira bahwa orang tersebut adalah salah satu dari lima atau enam orang yang menemani Huckabee. Pihak LDP sendiri secara resmi juga telah mengomentari menolak keterlibatan Abe dengan orang tersebut karena ketemu hanya saat itu saja dan sama sekali tidak ada hubungan setelah pertemuan itu. Foto itu saat ini dibingkai di sebuah rumah di daerah Setagaya, Tokyo. Menurut kantor Abe, kedatangannya ke kantor Gubernur Arkansas itu direncanakan oleh pendukung gubernur itu di sana.

            Sedangkan kedatangan  Nagamoto  di sana sama sekali tidak diketahui untuk keterkaitan apa dengan sang Gubernur dan sampai di mana hubungannya dengan sang Gubernur. Icchu Nagamoto sendiri adalah seorang broker keuangan yang ditahan di awal tahun ini karena dianggap telah melanggar undang-undang peminjaman uang (perkreditan). Nagamoto  memiliki perusahaan konsultasi dengan nama Shinsho yang terkait erat dengan kelompok sindikat kejahatan tersebut khususnya di bidang peminjaman uang bagi yang membutuhkan. Dia ditahan Maret lalu karena memalsukan pola kenaikan modal usaha konstruksi skala menengah bernama  Inoue Kogyo.

            Mulai tahun ini sudah diterapkan undang undang baru untuk semakin memperketat gerak Yakuza, sindikat organisasi kejahatan  di Jepang. Apabila terbukti seseorang menjadi teman dari seorang Yakuza maka orang itu, meskipun bukan Yakuza, akan semakin dipersulit kehidupannya. Rekening bank akan ditutup, penyewaan rumah di berbagai tempat tidak akan bisa dilakukan, geraknya akan terus diamati piha kepolisian Jepang. Apalagi politisi besar Abe yang Ketua LDP saat ini, selain upaya menggoyang dia dengan undang-undang anti Yakuza yang baru itu, Abe juga memiliki kesempatan besar serta dukungan terbesar saat ini di Jepang untuk menjadi PM Jepang terbaru setelah Yoshihiko Noda saat ini yang semakin terpuruk popularitasnya karena banyak kebohongan dibuatnya kepada masyarakat Jepang.

            Dimuatnya berita mengenai indikasi keterlibatan Abe dengan Yakuza dapat dipandang sebagai suatu langkah politik yang dilakukan oleh lawan politik Abe untuk menjatuhkan citranya di mata masyarakat Jepang. Sebab di Jepang saat ini popularitas LDP tengah kembali menanjak, yang disebabkan oleh rasa kekecewaan masyarakat terhadap Partai Demokratik Jepang (DPJ) karena kebijakan yang dihasilkan tidak pro-rakyat dan juga janji-janji selama masa kampanye yang tidak terpenuhi, salah satu kebijakan yang banyak ditentang oleh rakyat adalah kebijakan untuk menaikan pajak yang dilakukan oleh perdana menteri Yoshihiko Noda. Itulah dunia politik Jepang yang penuh dengan upaya-upaya untuk menjatuhkan lawan politiknya dengan berbagai cara yang salah satunya adalah melalui media massa dengan memunculkan foto diri Abe bersama anggota Yakuza.

Sumber :

Bangka Pos, ‘Kandidat PM Jepang Diguncang Pesaingnya’, 17 Oktober 2012 diakses dari <http://bangka.tribunnews.com/2012/10/17/kandidat-pm-jepang-diguncang-pesaingnya&gt; pada 10 Desember 2012

Richard Susilo, ‘Calon Perdana Menteri Jepang Terlibat Yakuza’, 17 Oktober 2012 diakses dari <http://m.tribunnews.com/2012/10/17/calon-perdana-menteri-jepang-shinzo-abe-terlibat-yakuza&gt; pada 10 Desember 2012

The Japan Times Online, ‘Abe Denies Yakuza Link’, 17 October 2012, diakses dari  <http://www.japantimes.co.jp/text/nn20121017a7.html&gt; pada 10 Desember 2012

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s